Antivirus

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Kali ini di blog MAYS akan mengulas sedikit apa itu antivirus agar komputer kalian aman dari yang namanya virus karena Virus komputer dapat merusak komputer (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.



Antivirus

                Antivirus adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengamankan, mendeteksi, dan menghapus virus komputer dari sistem komputer.Antivirus juga disebut juga Virus Protection Software. Aplikasi ini dapat menentukan apakah sebuah sistem komputer terinfeksi sebuah virus atau tidak. Umunnya, perangkat ini berjalan di latar belakang (Background) dan melakukan pemindaian terhadap semua berkas yang di akses (ketika dibuka, dimodifikasi, atau disimpan)

                Antivirus-antivirus terbaru sekarang tidak hanya mendeteksi virus. Program antivirus sekarang juga telah dilengkapi kemangpuan  untuk mendeteksi spyware, rootkits, dan malware-malware lainnya. Tidak hanya itu, antivirus sekarang dilengkapi firewall untuk melindungi komputer dari serangan hacker dan anti antispam untuk mencegah masuknya e-mail sampah atau virus ke inbox pengguna.

                Antivirus berdasarkan penggunanya dibagi menjadi 2, yaitu Home User dan Network/Corporate usser. Untuk home user, antivirus berjalan seperti biasa. Untuk versi jaringan (network), antivirus dapat melakukan scan di komputer-komputer klien dan network drive. Selain itu, proses  update komputer klien dalam jaringan tidak harus langsung dari internet. Komputer klien dapat melakukan update langsung dari server jaringan.

                Antivirus berdasarkan cara memperolehnya dibedakan sebagai berikut.

1)Free antivirus;  Antivirus yang diperoleh secara gratis.

2) Trial antivirus;  Antivirus yang diperoleh secara gratis namun diberi batasan waktu.

3) Donation antivirus; Antivirus yang diperoleh dengan harus mendonasi.

4) Paid antivirus; Antivirus yang diperoleh dengan cara membeli.

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Antivirus"

Post a Comment