Pondasi Komputer : Hardware, Software, dan Brainware

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Pada artikel kali ini saya akan membahas pondasi pada komputer yang terdiri dari tiga yaitu Hardware, Software, dan Brainware. Berikut ini penjelasannya:

1. Pengertian Hardware


Hardware atau di sebut juga perngkat keras komputer adalah komponen pada komputer yang dapat dapat disentuh dan terlihat secara fisik.
Secara keseluruhan Hardware terbagi berdasarkan cara kerjanya menjadi tiga kelompok, yaitu input ( masukan ), process ( pemrosesan ), dan output ( keluaran ).


a. Input Hardware
Input hardware ( masukan ) merupakan hardware yang memiliki fungsi yaitu untuk memberikan atau mengirimkan perintah ke dalam sistem komputer. Contoh dari perangkat keras masukan adalah keyboard, scanner, mikrofon, webcam, pointing device seperti mouse, joystick, light pen, touchpad, touchscreen, dan trackball.

b. Process Hardware
Berfungsi untuk mengelola data sesuai dengan perintah yang diterima dari input hardware dan kemudian hasilnya akan dikirimkan ke output hardware untuk ditampilkan atau dicetak. Salah satu contoh alat dari perangkat keras pemrosesan ini ( process hardware ) yaitu CPU ( Central Processing Unit ).

c. Output Hardware
Berfungsi untuk menampilkan atau mencetak hasil dari pengolahan data oleh process hardware, contoh perangkat keras keluaran adalah monitor, printer, speaker, dan plotter.


2.  Pengertian Software
Software adalah program komputer yang menjadi jembatan antara pengguna dengan perangkat keras. Ia juga dapat didefinisikan sebagai sebuah aplikasi yang tersusun dari sekumpulan kode-kode bahasa pemrograman. Menurut sumber lain, software merupakan suatu data yang diprogram serta disimpan secara digital dan tidakberwujud, namun berada di dalam komputer.
 Ada pula yang menyebutkan bahwa software ialah kumpulan data data elektronik berupa program atau instruksi yang disimpan dan dikelola oleh komputer.

a. Fungsi Sofware
  • Mengatur berbagai perangkat keras untuk bekerja secara simultan.
  • Menjadi penghubung antara perangkat lunak yang lain dengan hardware.
  • Sebagai penafsir setiap perintah software lain ke dalam bahasa mesin, sehingga mampu diterima oleh hardware.
  • Mengidentifikasi program.
b. Jenis-Jenis Sofware
  • Sistem Operasi :  adalah perangkat lunak sistem yang mengatur sumber daya dari perangkat keras dan perangkat lunak, serta sebagai jurik (daemon) untuk program komputer
  • Software Pengolah Kata : Program atau aplikasi ini digunakan untuk kebutuhan tulis menulis.
  • Software Pengolah Angka : Program ini digunakan untuk mengerjakan segala hal yang berhubungan dengan angka atau perhitungan.
  • Software Antivirus : Kerap disebut Virus Protection Software, aplikasi ini berfungsi sebagai pendeteksi dan penghapus virus dari sistem komputer. Ia bisa menentukan, apakah sebuah PC telah terinfeksi virus atau tidak. Umumnya, software tersebut bekerja dengan cara memindai semua berkas yang diakses, baik dibuka, disimpan maupun dimodifikasi.

3. Pengertian Brainware

Brainware adalah orang yang menggunakan, memakai ataupun mengoprasikan perangkat komputer. Seperti contoh dari brainware yaitu programmer, netter (sebutan untuk orang yang sedang melakukan surfing di internet), serta orang yang sedang menggunakan perangkat komputer. Atau definisi brainware yaitu manusia yang terlibat dalam mengoperasikan atau pemakaian serta mengatur sistem di dalam perangkat komputer.
Yang mengoprasikan komputer sering disebut dengan user, user atau brainwere ada beberapa macam, contohnya seperti dibagian bawah ini:



  • Progaramer yaitu orang yang memiliki kemampuan untuk menguasai salah satu ataupun banyak bahasa pemrograman. Programer dapat juga dikatakan sebagai pembuat dan petugas yang mempersiapkan program-program yang diperlukan pada sistem komputerisasi yang akan dirancang.
  • Administrator Adalah orang yang bertugas mengelola suatu sistem operasi dan juga program yang berjalan pada sebuah sistem komputer ataupun pada jaringan komputer.
  • Operator yaitu orang yang bertugas melayani dan menjalankan sistem maupun peralatan yang ada hubungannya dengan perangkat komputer, misalnya seperti menyiapkan data untuk diakses, merawat sistem komputer, dan sebagainya.
Itulah tiga pondasi pada komputer semoga bermanfaatkan,
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pondasi Komputer : Hardware, Software, dan Brainware"

Post a Comment