Cara Membagi Partisi di Windows 10

Assalamu‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.


Kali ini saya akan memberikan 
Cara Membagi Partisi di Windows 10, biasanya ketika kita membeli laptop atau hardisk baru dalam ke adaan windows sudah terinstall. Pasti kita menyadari bahwa bawaan pabrik hanya membagi satu partisi.

Untuk menghindari kehilangan data saat terjadi sistem error ataupun saat ingin melakukan install ulang, yaitu dengan cara meletakkan file sistem Windows dan file lain pada partisi yang berbeda. Selain lebih rapi dan agar Windows 10 dapat berjalan secara optimal. Karena semakin banyak file dalam partisi system akan memperlambat Windows. Selain itu, file dokumen dan multimedia akan lebih aman.


Untuk membagi dan membuat partisi baru windows 10 bisa menggunakan Disk Management tanpa install ulang Windows 10. Tool tersebut sudah tersedia di Windows sehingga tidak perlu menginstall aplikasi tambahan.

Cara Membuat Partisi di Windows 10 Tanpa Install Ulang

1. Tekan Windows + R pada keyboard untuk membuka Run.

Ketik diskmgmt.msc kemudian klik ok.

 





2. Klik kanan pada partisi akan di bagi. Misalnya kita akan membagi partisi Local Disk C menjadi 2. Kemudian membuat partisi yang terbagi menjadi partisi Local Disk D.
Klik Shrink Volume.



3. Isi kapasitas untuk partisi baru sesuai keinginan pada kolom Enter the amount of space to shrink in MB. Kapasitas maksimal tidak boleh melebihi nilai yang ditunjukkan kolom di atasnya (kolom Size of available shrink space in MB).



Misalnya pada gambar di atas saya membagi partisi C yang awalnya 478GB menjadi 187GB dibagi ke Partisi D 300GB atau 300000MB.
Klik Shrink. Maka partisi sudah terbagi menjadi 2. Di mana 1 partisi tetap bernama C sedangkan partisi baru masih belum memiliki nama dan belum diformat atau disebut juga Unallocated.



4. Klik kanan pada partisi Unallocated lalu klik New Simple Volume untuk membuat partisi baru.
Kemudian klik Next saat ada tampilan New Simple Volume Wizard. Lalu klik Next lagi saat ada tampilan Specify Volume Size.
Klik Assign The following drive letter lalu pilih drive yang akan digunakan untuk partisi baru tersebut. Misalnya seperti pada tujuan saya di atas saya ingin membuat local drive D maka saya pilih D. Kemudian klik Next.




Setelah itu, pastikan memilih NTFS pada File System. Lalu isikan nama partisi baru sesuai keinginan. Misalnya My Data. Lalu klik Next.

Klik Finish. Maka partisi baru sudah berada di drive D dengan nama My Data dan sudah diformat. Dengan demikian kita sudah memiliki partisi C dan D yang siap digunakan.


Kita dapat melihat hasilnya pada File Explorer Windows 10 seperti gambar di atas. Sesuai dengan pengaturan di atas, C berkapasitas sekitar 187GB  dan D berkapasitas sekitar 300GB. Memang hasilnya tidak pas pada angka tersebut karena adanya perhitungan konversi MB ke GB di Windows.

Untuk data di partisi c yang sudah kita bagi datanya aman dikarenakan kita memakai aplikasi disk managemt bawan windows. Cukup mudah bukan cara membagi atau membuat partisi diwindows 10 jika ada pertanyaan bisa di tuliskan dikolom komentar.

 

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membagi Partisi di Windows 10"

Post a Comment