Pengertian dan Tujuan Dibangunnya jaringan komputer

 Assalamu‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Kali ini saya akan membahas apa itu Jaringan komputer berserta pengertian dan tujuannya dibagunnya jaringan komputer. langsung saja ke pemahasannya:

Jaringan Komputer

1. Pengertian jaringan komputer

Jaringan komputer merupakan sekelompok komputer yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya menggunakan protokol komunikasi dalam media komunikasi yang saling berbagi sumber daya, dan dapat dikendalikan oleh suatu komputer pusat. 

Informasi dan data yang ada bergerak melalui kabel-kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen data, mencetak pada printer yang sama, dan bersama-sama menggunakan hardware atau software yang terhubung dengan jaringan. Sehingga, hal tersebut akan menimbulkan suatu efisiensi, sentralisasi, dan optimasi kerja. Setiap komputer, printer atau periferal yang terhubung dengan jaringan disebut node. Sebuah jaringan komputer dapat memiliki dua, puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node.

2. Tujuan dibangunnya jaringan komputer

Tujuan dibangunnya jaringan komputer adalah membawa informasi secara tepat dan cepat tanpa adanya kesalahan dari pihak pengirim (transmitter) menuju ke pihak penerima (receiver) melalui media komunikasi. Sasaran terbentuknya jaringan komputer antara lain sebagai berikut. 

a) Sharing Resource

Sharing resource bertujuan agar seluruh program, peralatan atau periferal yang terdapat dalam jaringan komputer dapat dimanfaatkan dengan baik oleh setiap orang.

b) Komunikasi

Jaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi antarpengguna secara cepat, baik, dan murah

c) Integrasi data

Dengan jaringan komputer, proses data tidak harus dilakukan pada satu komputer saja. Namun dapat didistribusikan ke komputer-komputer yang lain. Sehingga terbentuk data yang terintegrasi untuk memudahkan pemakai memperoleh dan mengolah informasisetiap saat. 

Berikut yang dapat saya bahas seputar jaringan komputer jika ada yang ingin ditanyakan bisa dituliskan dikolam komentar. Sekian dari saya mohon maaf jika ada kata atau tulisan yang salah

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Tujuan Dibangunnya jaringan komputer"

Post a Comment